Monday 18 March 2013

TIPS MENYULAP HOBI MENJADI USAHA MENGUNTUNGKAN

hobi bisa kita jalankan kita sulap menjadu sebuah usaha, ya sangat banyak sekali pengusaha muda yang sukses dengan mengawali usahanya dari sekedar hobi. ada hobi yang mengumpulkan barang antik, dan kemudian menjadi pengusaha barang antik. ada juga yang senang dengan hobi memelihara ikan, kemudian menjadi pengusaha ikan hias bahkan ada ibu rumah tangga yang hobi memasak dan mencoba resep-resep baru kemudian menjadi pengusaha katering terkenal. hobi memang mudah dilaksanakan dan tidak ada paksaan yang mengganggu keniatan dari hati kita. bahkan kata yang tepat hobi sulit ditinggalkan usaha-usaha yang diawali dengan hobi umumnya berubah menjadi kesuksesan. ini karena mereka mencintau pekerjaanya dan semangat untuk terus belajar meyempurnakan kemampuannya. tapi jangan senang dulu tak semua hobi jadi usaha gan mungkin berikut ini ciri-ciri hobi yang yang dapat dijadikan usaha. jika ciri-ciri ini ada pada diri anda semua maka bersiplah untuk menjadi pengusaha sukses berikutnya.

Dijalankan Secara Istiqomah Karena Lebih Baik Dari Seribu Karomah 

apakah anda memiliki hobi yang tetap menyenangkan walaupun dilaksanakan secara berulang-ulang dan terus menerus???? jikan ya, anda memiliki satu poin untuk menjadikan hobi sebagai hobi. namun jika anda merasa cepat bosan bila melaksanakan hobi secara terus menerus maka itu berarti ada dua indikasi yang pertama itu bukan hobi anda yng kedua anda memang belum bisa menjadikan hobi tersebut sebagai usaha.
kenapa ciri ini harus ada pada ciri usaha kita ? karena menjadikan hobi sebagai usaha anda dituntut untuk mengerjakannya berulang-ulang dan terus menerus. boleh jadi anda memiliki pelanggan yang berbeda-beda setiap harinya namun permintaan mereaka biasannya hampir sama satu dengan yang lainnya, maka kunci pertama menjadikan hobi sebuah usaha adalah sanggup istiqomah atau terus-menerus dijalankan.

Apakah Sangat Berhargah?

beberapa hobi mungkin memiliki harga jual yang tinggi namun sebagai yang lain sama sekali tak membutuhkan pasar untuk menilainnya anda harus melakukan penelitian pasar terlebih dahulu apakah ada yang berminat dengan hobi anda atau justru malah sebaliknya hobi anda tak memiliki peminat sama sekali. jika ini yang terjadi, sebaliknya tidak usah dipaksakan daripada hasilnya nihil nantinya. walau begitu jika anda memiliki kecintaan yang besar terhadap hobi anda dan kemampuan marketing anda bagus hobi tersebut masih berpeluang dalam memperoleh keuntungan. mc donald dulu harus menanggung malu karena ditertawakan orang karena menjual donat yang berhias bahkan ada yang tak memiliki lobang. tapi sekarang, retailnya sudah menyebar hampir keseluruh dunia. 

Mampu Memotivasi

apakah hobi anda mampu memotivasi anda untuk terus menerus menekuninya hingga 10-15 tahun kedepan?. hobi yang menarik biasanya memang bisa memotivasi pelakunya bukan hanya 10-15 tahun tapi seumur hidupnya. jika anda memiliki hobi seperti ini satu poin lagi anda dapatkan.

Tetap Menarik

usaha yang akan anda laksanakan haruslah tetap menarik walu berlangsung puluhan tahun. jika anda mulai kehilangan ketertarikan pada hobi anda, maka itu adalah awal dari kebangkrutan bisnis anda. maka cobalah lihat kembali apakah hobi anda begitu menariknya hingga anda takkan kehilangan kecintaan padanya meski telah ditekuni puluhan tahun. satu pin lagi berhak anda miliki jika hobi anda tersebut mampu membuat anda tertarik hingga puluhan tahun mendatang.

jika anda mempunyai empat hal di atas pada hobi anda maka kenapa harus menunggu lebih lama lagi, segera matangkanlah konsep dan mulailah menyulapnya menjadi usaha bagi anda sekalian. mungkin sebagai awal masih berupa usaha sampingan saja namun seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya pelanggan anda bisa jadi usaha sampingan itu mampu menjadi usaha penopang kehidupan keluarga anda semua. 

satu hal yang harus anda ingat cintailah pekerjaan anda jika anda cinta pada pekerjaan anda maka usaha itu akan terasa ringan dan nikmat plus penyenangkan untuk dijalankan.

                                   
                                        
                                                SALAM SUKSES BAGI ANDA SEKALIAN


No comments:

Post a Comment