Wednesday 6 February 2013

Serba-Serbi bisnis Budidaya Udang Vaname

halo agan2 sekalian semoga anda bahagia  dan sehat selalu disini saya mau berbagi info dengan anda sekalian tentang bisnis budidaya udang vaname yang sangat menyenangkan dan juga sangat menggiurkan langsung saja kita bahas nggak usah panjang lebar oke. udang adalah binatang yang hidup dalam prairan khususnya sungai maupun lauta atau danau,udang hampir bisa kita temulan disetiap genangan air yang berukuran besar baik air tawar,air payau maupun air asin pada kedalaman berfariasi dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan udang bisa dijadikan makanan laut.
salah satu udang yang bisa dibudidayakan dalam tambak adalah udang vaname atau biasa disebut udang panami merupakan solusi alternatif dalam dalam memperkaya dan menambah produksi udang budidaya, meskipun udang vaname asli udang dari belahan bumi yang alain yaitu dari bagian barat amerika latin, mulai dari peru sebelah selatan hingga meksiko disebelah utara udang ini dapat dibudidayakan di daerah tropis seperti indonesia bumi kita ini.
beberapa keunggulan yang dimiliki udang vaname ini antara lain responsif terhadap pakan yang diberikan atau nafsu makan yang tinggi lebih tahan terhadap serangan penyakit dan lingkungan yang kurang baik,dengan padat tebar yang cukup tinggi. udang vanamei juga memiliki pasaran yang pesat di dunia internasional bahkan udang ini sudah laku dijual pada saat berukuran 7,0 -10,0 gram/ekor atau pada saat udang berumur 60 hari di tambak.
dalam budidaya jenis udang ini yang harus kita perhatikan adalah tempat atau lokasi, pada awalnya dalam pemilihan lokasi budidaya yang tepat. yang tidak mengandung resiko tinggi dalam hal pemborosan tenaga,waktu dan juga materi.
tempat yang dibudidayakan adalah tambak atau kolam lahan yang digunakan harus benar2 seteril, pertama harus bersihkan dan keringkan kolam kotoran tanah lumpur harus dianggkat setelah itu cek PH tanah "tanah dengan PH antara 5,5-6,5 sangat cocok ditanamai udang" setelah itu  taburi tambak dengan pupuk organik dan diamkan selama 3-4 hari.
tahap selanjutnya isi tambak dengan air dan memiliki ketinggian antara 40-50cm dan diamkan lagi selama 5-10 hari setelah semua proses dilakukan taburkan benih dengan kedalaman air antara 110-120cm. biaya yang harus dikeluarkan memanglah cukup besar untuk seperempat hektar lahan atau setara dengan 2.500 meter perseg menghabiskan bibit 100.000 ekor  udang panami akan dipanen setelah berumur tiga bulan satu kilo udang biasanya berisi antara 60-70 ekor dengan harga jual Rp 30.000kg dan harga itupun bukan haraga patokan karena setiap saat harga bisa naik turun dan dalam seperempat hektar akan dipanen udang sekitar 1 ton bahkan lebih.
angka kegagalan cukup kecil dalam membesarkan udang panami musuh utama biasanya berupa ikan liar yang hidup dalam kolam selain itu hama yang biasanya ada dalam angsang hitam yang disebabkan oleh bakteri bintik dalam tubuh diakibatkan oleh terlalu padatnya populasinya, dengan perawatan yang rutin seoerti pembersihan kolam memeriksa kondisi air dan mengatur populasi udang maka resiko kegagalan panen dapat ditekan.
berikut ini adalah ananlisis ekonomi dalam membudidayakan udang vaname ini dalam 1/4 hektar  lahan dalam waktu budidaya 3 bulan

bibit yang desdiakan:100.000                    =Rp 3.200.000
pakan selama 3 bulan                                =Rp 8.500.000
obat2an dan perawatan                             =Rp 1000.000
bahan bakar                                              =Rp 2.500.000
tenaga kerja                                              =Rp 1.500.000
TOTAL PENGELUARAN                       =Rp 16.700.000

omset 1x panen : 1 ton Rp 30.000/kg        =30.000.000
keuntungan : 30.000.000 - Rp 16.700.000

dengan keuntungan yang begitu besar dan pengeluaran yang agak besar dikit itulah kenapa sekarang semakin banyak orang yang membudidayakan udanag panami ini. apakah anda para agan2 yang senang/hobi dalam dunia budidaya silahkan anda budidaya udang panami iini sekarang itupun kalau ada biaya dan investor yang mau invest pada kita.^_^

                            OKELAH KALAU BEGITU SALAM SUKSES BUAT ANDA SEKALIAN



2 Comments
Tweets
Komentar

2 comments:

  1. baru dengar nih udang jenis ini.. asal mana tuh gan udangnya?
    follback reviewjujur.blogspot.com.. di tunggu ya gan makasih :)

    ReplyDelete
  2. asalnya dari peru dan meksiko tapi sekarang di indonesia banyak yang sudah membudidayakannya terutama didaerah sidoarjo,gresik dan juga daerah lamongan. oke gan terimakasih banyak ats kunjungannya.

    ReplyDelete